Yuk, Jelajahi Wisata Halal Korea Selatan

0
58
Source image: Google

Korea Selatan menjadi salah satu negara di Asia yang selalu menjadi destinasi wisata para wisatawan mancanegara. Negeri ginseng ini selalu ramai oleh wisatawan dari berbagai penjuru dunia sepanjang tahun. Tidak mengherankan sebenarnya. Korea memiliki budaya yang unik, perpaduan dari budaya tradisional dan modern yang bisa berjalan beriringan.

Dukungan dari Pemerintah, media, dan industri, membuat banyak orang jatuh cinta pada Korea. Mulai dari keindahan alamnya, tempat wisata, sejarah, kuliner, bahasa, sampai culture pop-nya yang mulai menguasai dunia. Siapa yang tidak kenal band K-Pop dan drakor alias film dan drama TV Korea yang digandrungi semua kalangan?

Nah, sebagai Negara non-muslim, ternyata Korea Selatan juga terbuka untuk pengunjung yang beragama Islam, loh! Ada banyak tempat wisata dan kuliner yang mendukung program wisata yang Muslim-friendly, yang bisa kita pilih jika ingin berlibur ke Korea Selatan. Di beberapa tempat wisatanya juga dilengkapi dengan Musholla dan restoran halal. Menarik bukan? Yuk, kita simak ulasannya!

  1. Itaewon Grand Mosque – Seoul

Walau agama Islam minoritas di negara maju ini, Korea Selatan adalah salah satu negara yang ramah dengan wisata muslim, termasuk mengakomodir tempat ibadahnya. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Korea Selatan adalah Itaewon Grand Mosque yang ada di Seoul. Masjid terbesar dan pertama yang ada di Seoul ini, berada di lokasi yang menjadi pusat kegiatan kegamaan para umat Muslim Korea, yaitu Itaewon. Selain beribadah dan menikmati wisata religi, Anda juga bisa mempelajari sejarah masuknya agama Islam di Korea Selatan.

Selain beribadah di Seoul Central Mosque, Anda juga bisa mengunjungi Aqua Planet di 63 Square, atau merasakan tur E-Land Cruise di tepi sungai Han Gang. Untuk makanan halalnya, Anda bisa mencoba restoran halal Muree Muslim Food yang berada di sekitar masjid raya, atau restoran kebab halal Kervan yang ada di Itaewon.

  1. Pulau Jeju

Salah satu tempat wisata halal di Korea Selatan yang sering menjadi rekomendasi adalah Pulau Jeju atau Jeju Island. Pulau Jeju memiliki keindahan alam yang sangat eksotis dan menawan, sehingga masuk ke dalam daftar situs warisan dunia UNESCO. Untuk menikmati hamparan bunga canola kuning dan pegunungan yang terhampar dengan cantiknya, sebaiknya Anda datang pada saat musim semi. Sedangkan untuk makanannya, Anda bisa mencoba Abalon dan berbagai hidangan laut lainnya.

  1. Gyeongbok Palace

Salah satu daftar wisata halal yang harus Anda kunjungi ketika berlibur ke Korea Selatan adalah Gyeongbok Palace. Salah satu istana terbesar dan tertua di Korea Selatan selama masa Dinasti Joeseon ini, terletak di Seoul. Anda bisa menjelajah seluruh penjuru kerajaan besar itu, sambil mempelajari sejarah kerajaan sebelum menjadi negara Korea Selatan.

Sebaiknya datang ketika musim semi datang karena area Gyeongbok Palace akan dihiasi bunga-bunga Sakura yang mekar dengan cantiknya. Anda bisa mencoba menggunakan Hanbok atau pakaian tradisional Korea dan berkeliling istana, untuk merasakan sebagai bagian kerajaan dalam sehari. Namun, ada beberapa  tempat yang tak boleh dikunjungi oleh wisatawan di Gyeongbok Palace. Jadi perhatikan selalu peraturan dan panduan si pemandu wisata.

  1. Nami Island

Tak lengkap rasanya jika berlibur ke Korea Selatan jika tidak mendatangi Nami Island. Tempat yang ramah untuk umat Muslim ini adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi karena pemandangannya yang sangat menarik dan indah. Selain jajaran pohon pinus yang memikat, ada banyak sekali spot foto yang bisa Anda coba disana, termasuk patung pasangan Winter Sonata, sebuah drama TV terkenal Korea yang mempopulerkan Nami Island ke dunia.

Di Nami Island, Anda dapat mencicipi makanan halal dengan mengunjungi restoran Asian Family Restaurant Dongmoon. Atau jika ingin menikmati menu khas Korea seperti Teokgalbi, Bibimnaengmyeon, Chadolwoogeojitang, atau Doganitang, bisa mencoba ke Dosenjae, restoran dekat Petite France.

  1. Korean Folk Village

Di tempat wisata ini, selain bisa kembali memakai pakaian khas Korea, Hanbok, Anda juga bisa mampir ke restoran ramah muslim lainnya, yaitu Gilmokjib. Disana Anda bisa mencoba menu seperti beef soup dan andong style wild vegetable bibimbap.

  1. Everland

Everland berlokasi di Provinsi Gyeonggido, dimana Anda bisa menemukan beberapa Musholla dan restoran halal. Salah satu restoran yang bisa Anda coba adalah Useohwa dengan menu andalan, Grilled Beef Rib.

Nah, itu beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi, jika dalam waktu dekat akan berlibur ke Korea Selatan. Atau kalau waktunya pas, Anda juga bisa mengikuti program Halal Restaurant Week yang diselenggarakan Korean Tourism Organization (KTO), organisasi turisme di bawah naungan Kementrian Pariwisata Korea.

Selama beberapa hari, Anda bisa menjelajahi tempat wisata halal di Incheon, mulai dari Songwoldong Fairy Tale, Incheon Art Platform, Wolmido Island, Tri-bowl, dan Songdo Central Park. Kemudian ke kota Gangwon dan Gyeonggi, mengunjungi Garden of Morning Calm, dan Petite France. Untuk wisata kulinernya, Anda bisa mampir ke Restoran Gekbo Galbitang untuk mencicipi menu Galbitang, atau ke restoran Jamsut 92 Dakgalbi di Myeongdong mencoba menu BBQ grilled chicken.

Untuk mengetahui informasi terbaru, kunjungi situsnya di https://www.visitkorea.or.id/ atau follow akun Instagramnya di @ktoid, @halal_restaurant_week, atau @imagineyourkorea.

Tentunya jika sudah tahu dimana saja tempat wisata yang Muslim-friendly, liburan jadi tambah nyaman karena tidak perlu khawatir tertinggal ibadah shalat atau memakan makanan non halal. Betul tidak? So, selamat jalan-jalan yaa.

Sumber Referensi: his-travel.co.id

Apa Komentar Kamu :