Manfaat Menakjubkan Olahraga Panahan

0
51
Source: lylesmoviefiles.com

Olahraga panahan masih sering dianggap sebagai olahraga statis, berat, sekaligus membosankan. Panahan membutuhkan stamina tinggi, kekuatan dan ketahanan fisik, serta pikiran fokus untuk tampil optimal.

Meskipun berat, panahan merupakan olahraga yang dapat dimainkan semua orang, baik anak-anak, orangtua, maupun wanita. Ini dikarenakan bobot dan jangkauan dari perlengkapan panahan seperti bow atau busur dan anak panahnya, sangat fleksibel. Jadi bisa disesuaikan sesuai kemampuan fisik penggunanya.

Seperti olahraga fisik lainnya, olahraga panahan juga memiliki nilai edukasi tinggi juga menjaga kesehatan mental. Seperti melatih kesabaran, melatih jiwa sportivitas, ketelitian, semangat pantang menyerah, ketenangan jiwa, sampai relaksasi. Manfaatnya yang menakjubkan dalam membangun karakter dan nilai-nilai baik, membuat panahan sangat baik untuk diajarkan sejak masa pertumbuhan anak-anak.

Setelah rutin berlatih, kita tidak hanya belajar untuk peka membaca arah mata angin, tapi juga dituntut untuk stabil ketika menggenggam busur. Memiliki kepercayaan diri kapan harus menahan dan kapan harus melepas busur panah, ke arah papan target yang dibidik. Sedikit saja salah perhitungan, alih-alih bisa salah sasaran mencelakai orang lain.

Saat ini memang bermunculan klab-klab panahan yang melibatkan keluarga maupun kejuaraan-kejuaraan panahan baik tingkat lokal maupun nasional, namun kepopulerannya masih kalah jauh dengan olahraga seperti beladiri, renang, sepak bola, atau bersepeda. Apalagi dengan investasi peralatan yang lumayan mahal, dan tempat khusus panahan yang masih minim, olahraga ini hanya digemari oleh komunitas yang benar-benar serius mengasah ketrampilannya.

Nah, jika Anda berniat mengasah ketrampilan memanah, maka Anda harus tahu dulu manfaat apa yang akan Anda peroleh jika tekun dan serius berlatih, agar tidak membuang waktu, tenaga, dan uang. Sehingga kemungkinan berhasil dalam latihan maupun ketika berpartisipasi dalam kompetisi, semakin besar. Apa saja itu? Yuk, kita simak di bawah ini.

  1. Kekuatan tubuh bagian atas

Menarik busur memberi tekanan yang besar pada kedua otot tangan, otot dada, bahu, dan punggung. Mirip dengan mengangkat beban, tekanan ini biasanya ditahan selama beberapa detik sebelum pemanah melepaskan string yang digunakan untuk melontarkan panah.

Dengan pengulangan, tekanan menarik dan melepaskan busur dapat mengembangkan sebagian besar kelompok otot utama di tubuh bagian atas, dimana tingkat perkembangannya tergantung pada jumlah waktu yang Anda habiskan untuk berlatih dan berkompetisi.

  1. Keseimbangan

Di dalam olahraga memanah, keseimbangan itu sangat penting untuk keberhasilan. Anda harus bisa menahan posisi tubuh, lengan, dan kaki, ketika membidik dan melepaskan busur.

Berlatih memanah juga dapat membantu Anda mendapatkan kontrol atas keseimbangan tangan dan jari, ketika memfokuskan diri untuk membidik target. Semakin banyak Anda berlatih, semakin otot inti Anda terbiasa untuk menyeimbangkan tubuh dan menjaga Anda tetap stabil saat membidik dan melepaskan panah.

  1. Koordinasi

Koordinasi tangan dan mata merupakan keterampilan yang harus dimiliki untuk mendapatkan hasil maksimal dari olahraga memanah. Olahraga panahan dapat melatih tangan Anda untuk bekerja sama saat melakukan tugas yang berbeda, seperti membidik dan melepaskan panah sesuai dengan pengamatan mata.

Semakin banyak berlatih, maka koordinasi Anda akan semakin baik. Peningkatan koordinasi ini juga melatih koordinasi antara otak kiri dan otak kanan, sehingga menghasilkan pembidikan yang lebih baik dan akan membantu Anda dalam olahraga lainnya.

  1. Berjalan

Olahraga memanah membutuhkan ruang yang lapang, agar lebih nyaman saat berlatih. Selama berlatih maupun berkompetisi, pemanah dapat berjalan sejauh 8 km dan bergerak dari satu sisi ke sisi lain saat menyelesaikan tugas memanah. Atau saat harus mengambil kembali panah yang telah dilepaskan.

Meskipun banyak aktivitas berjalan dalam selang waktu yang pendek, namun efek kumulatif dari berjalan di seluruh kompetisi dapat meningkatkan kesehatan jantung, otot, dan kekuatan kaki, juga tangan.

  1. Fokus

Fokus adalah salah satu hal yang paling penting untuk menjadi pemanah yang sukses. Karena fokus akan membantu Anda meredam kekhawatiran terhadap apapun di luar panahan, dan membantu untuk konsentrasi pada target sasaran.

Selain itu, berlatih fokus dalam panahan memberi dampak positif pada kesehatan mental secara keseluruhan. Anda jadi belajar bagaimana menjernihkan pikiran, mengatasi kebiasaan menunda, dan fokus pada target keberhasilan jangka pendek maupun jangka panjang yang sudah dibuat.

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memulai Panahan

Panahan adalah olahraga yang menuntut aktivitas fisik, namun banyak orang yang masih meremehkan, terutama keselamatan saat bermain.

Untuk menghindari kecelakaan akibat terkena busur panah, Anda sebaiknya memperhatikan jarak dan luas ruangan atau lapangan yang digunakan, agar jarak antar peserta tidak terlalu dekat. Meski biasanya, hal-hal krusial macam ini sudah memiliki standar keselamatan sendiri, sehingga Anda bisa mempercayakannya pada instruktur maupun organisasi panahan yang Anda ikuti.

Nah, sebelum memulai latihan ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu, terutama jika memiliki riwayat penyakit atau cedera sebelumnya. Karena panahan termasuk olahraga yang berat dan menguras energi, sehingga bisa dilakukan langkah antisipasi dan penanganan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Anda juga perlu melengkapi diri dengan perlengkapan untuk keselamatan, seperti pelindung lengan, jari, dan dada, untuk melindungi dari luka akibat terkena tali busur atau yang lainnya. Jangan lupa, sepatu olahraga yang nyaman juga penting untuk menahan kaki agar tetap tahan kala berdiri dan berjalan dalam waktu lama.

Selanjutnya, pelajari bentuk dan teknik panahan yang benar dari instruktur yang berkualitas atau berlisensi resmi sebagai pengajar. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan human error yang bisa mengakibatkan cedera maupun kecelakaan saat membidik.

Berhentilah segera jika Anda mengalami rasa sakit yang tajam atau tiba-tiba, baik di bahu, lengan, siku, dada, atau punggung, untuk mencegah cedera otot. Hal ini bisa terjadi jika Anda kurang lama melakukan pemanasan sebelum berlatih.

Jadi, kapan Anda mulai latihan panahan? Jangan lupa ajak rekan-rekan atau keluarga Anda ya, supaya tidak cepat bosan.

Sumber Referensi: hallosehat.com

Apa Komentar Kamu :