Anda Reseller? Ini 4 Tips Praktis untuk Anda

0
109
source image : billionairecoach.co.id

Saya yakin Anda setuju bahwa cara memulai bisnis itu macam-macam. Ada yang berbisnis karena kepepet,ada yang berbisnis karena passionnya. ada yang mulai bisnis sendirian. Tapi ada juga yang mulai bisnis bareng-bareng dengan orang lain.

Nah, bermacam-macam juga cara memulainya, salah satu cara yang digunakan banyak orang adalah mulai bisnisnya dengan jalan mempromosikan produk orang lain.

Ya, jadi reseller atau sejenisnya, seperti dropshiper, affiliate, marketer, agen, distributor dan semacamnya. 👍

Salahkah menjalankan bisnis dengan mempromosikan produk orang lain? Nggak salah dong, selama halal dan menghasilkan. 😁

Pada dasarnya bisnis adalah menyediakan solusi untuk kebutuhan orang lain, dan dalam prosesnya bisa dilakukan dengan berbagai macam cara.

Jadi, kalau masih ada orang yang berfikir bahwa bisnis itu harus buat produk sendiri, itu adalah pemikiran yang kuno, hehe. 😆

Saat ini, menciptakan produk sendiri, atau hanya fokus memasarkan produk orang lain, sama-sama punya kesempatan sukses yang sama.

Buktinya?

Ada banyak yang profesinya hanya reseller, tapi bisa punya penghasilan sampai 7 hingga 8 digit. Diluar negeri malah lebih luar biasa lagi. Tanpa perlu memiliki produk, tapi penghasilannya kalau dirupiahkan sampai 9 atau 10 digit. 🤩

Kesimpulannya, semua bentuk bisnis punya potensi sukses, termasuk model bisnis reseller.

Nah ngomong-ngomong tentang reseller, dipesan ini Saya ingin berbagi tips praktis untuk Anda para Reseller agar hasil bisnisnya lebih kencang lagi.

Silahkan dicoba dalam bisnis Anda ya. 🙂

Tips Pertama, BANGUN MEDIA PROMOSI

Salah satu masalah utama seorang reseller ada dibagian penjualan. Banyak reseller mengeluh sulit dapat pembeli yang tertarik dan mau membayar produk yang dipromosikannya.Mereka yang begitu, biasanya karena menghabiskan waktu promosi secara asal-asalan.Alias asal posting status dan berharap ada prospek yang nyangkut dari aktivitas tersebut. 😅

Nah, agar Anda tidak seperti itu mulailah fokus membangun media promosi untuk bisnis Anda.Yang perlu Anda lakukan adalah :

Pertama, tentukan media promosi yang tepat alias media promosi yang bisa membuat bisnis Anda terhubung dengan sebanyak-banyaknya target pasar produk Anda. Misal target pasar Anda adalah para milenial, maka media yang cocok adalah instagram karena setiap hari para milenial buka aplikasi instagram.

Setelah tau media promosinya, selanjutnya buat target pasar Anda tertarik berkumpul di media tersebut. Misalnya Anda bagikan konten-konten yang menarik untuk target pasar di media itu. Strategi ini disebut dengan “Attract Prospect”

Begitu Anda berhasil mengumpulkan target pasar, maka Anda akan semakin mudah memasarkan produk Anda.

Masalahnya, banyak teman-teman reseller yang saat jualan mau cepat saja, tanpa peduli dengan strategi barusan. Karena main langsung jualan, akhirnya nggak dapat pembeli.

Kalau langsung jualan tanpa membangun media promosi, itu seperti berteriak di stadion kosong. Kita mungkin bisa berteriak sesuka hati, tapi karena stadionnya kosong maka tidak ada yang respon.  🤣

Para reseller yang sukses, mereka menghabiskan 80% waktunya untuk membangun media promosi mereka. Sehingga, saat mereka jualan apapun, selalu mudah dapat pembeli. (cateeet!)

Polanya begini

Fokus Bangun media promosi -> Calon pembeli berdatangan -> Jualan jadi lebih mudah_

Tips Kedua, FOKUS KE PRODUK POTENSIAL

Salah satu tujuan jadi reseller, tentu saja mendapatkan penghasilan tambahan. Agar bisa mendapatkan penghasilan dengan LEBIH CEPAT, cobalah untuk mempromosikan produk yang paling potensial.

Ya, biasanya saat seseorang resmi jadi reseller, mereka akan diberikan banyak informasi produk oleh suppliernya. Nah, disinilah Anda harus jeli.

Jangan berfikir untuk bisa menjual seluruh produk supplier dengan laris manis, tapi fokuslah ke 1, 2 atau 3 produk saja. Jangan lebih daripada itu.

Pilihlah produk yang menurut Anda paling mudah dijual alias yang peminatnya paling banyak. Kenapa harus fokus ke produk potensial saja? Karena saat menjual 1 – 3 produk saja, seorang reseller akan bisa lebih fokus. Kalau lebih fokus, hasilnya jadi lebih baik.

Sering kali seorang reseller tidak fokus, lambat menghasilkan, karena berusaha menjual seluruh produk dari suppliernya.

Nah, Anda jangan begitu ya. Pilih 1 – 3 produk paling potensial, dan mulailah promosi.

Lalu bagaimana cara tau mana produk yang paling potensial? Caranya dengan riset. Tapi kalau gak ada waktu, bisa langsung tanya ke supplier Anda mana produk yang paling potensial, hehe. 😄

Tips Ketiga, JADWALKAN UP SELL

Menurut Saya salah satu kebiasaan buruk beberapa orang reseller adalah setelah dapat pembeli, pembelinya disia-siakan. Alias habis manis sepah dibuang, hehe. 😅

Jangan begitu ya. Kalau cuma fokus mencari pembeli baru, maka bisnisnya gak akan kemana-mana.

Sebaiknya setelah dapat pembeli, jadwalkan Up Sell. Apa maksudnya? Maksudnya adalah buat pembeli tersebut membeli lagi ke penjualan yang sama alias REPEAT ORDER.

Setelah dapat pembeli, buatlah jadwal untuk menawari produk selanjutnya. Bisa 2 minggu setelah membeli, atau bisa 1 bulan setelah membeli. Intinya buatlah jadwal untuk menjuali pembeli lama Anda.

Ya, tawarkan produk yang lebih mahal, atau produk yang melengkapi produk sebelumnya.

Tahukah Anda bahwa menjual kepada pembeli lama itu JAUH LEBIH MUDAH dibanding jualan ke orang yang belum pernah membeli? Karena itu, jangan sia-siakan pembeli lama Anda ya.  🙂

Tips Keempat, MENTORING NON STOP

Salah satu orang terkaya didunia bernama Warren Buffet pernah berkata,“Resiko muncul saat kita melakukan sesuatu yang tidak kita ketahui.” Tugas kita sebagai pebisnis adalah mengecilkan resiko, dan itu bisa dilakukan dengan belajar.

Reseller yang pertumbuhannya cepat, biasanya mereka haus dengan ilmu. Mereka sadar bahwa mereka butuh arahan, dan dengan belajar mereka jadi tau mana yang harus dilakukan dan mana yang harus dihindari.

Jadi saran Saya ke Anda, luangkanlah waktu untuk belajar. Belajar 1 skill, lalu praktik sampai benar-benar ahli. Setelah menguasai satu skill, lanjut belajar lagi skill lainnya.

Inilah yang dinamakan dengan mentoring non stop. 😎

Ketika Anda bisa melakukannya, maka bisnis Anda akan tumbuh sesuai dengan bertumbuhnya kemampuan Anda.

Gimana? Dapat sesuatu kan?

Jadi itu kira-kira 4 tips praktis dari Saya untuk Anda yang saat ini mempromosikan produk orang lain.

Sebenarnya masih ada tips lainnya, tapi karena takut kepanjangan segini dulu ya, hehe. Saya sengaja meng upload sedikit dulu aja, karena umumnya seorang reseller punya 3 masalah utama.

Yang pertama, penjualan mereka bermasalah, alias sulit dapat pembeli.

Yang kedua, penghasilannya cenderung turun, alias sulit mengunci penghasilan bulanan.

Yang ketiga, bisnisnya gak tumbuh, alias sudah lama jadi reseller, tapi bisnisnya gitu-gitu aja.

3 masalah ini sebenarnya ada jalan keluarnya.

Tapi karena Saya tidak tahu siapa saja yang membaca tulisan ini yang profesinya sebagai reseller, dan untuk mendapatkan solusi dari 3 masalah diatas, boleh koment di bawah artikel ini ya dengan kalimat “Saya mau solusinya dong”

Oke gaes? Salam sukses berbisnis yah.

 

 

Apa Komentar Kamu :

Previous articleCermati Kandungan Berbahaya Dibalik Krim Wajah Anda
Nahdah Ummu Tara
Hai gaes, Saya adalah seorang Mompreneur di bidang kecantikan, anti aging dan kesehatan, yang sudah merambah dunia bisnis online via sosial media sejak 2010. Gegara bisnis ini , banyak yang bilang Saya awet muda, padahal mah anak udah 4 gaes. Wkwkwwkwk... Walau anak yang paling besar sudah kelas 3 SMA, tetap nggak menghalangi Saya traveling sana sini, karena memang itu hobi saya. Berkat bisnis ini juga, hobi traveling Saya tersalurkan, sehingga nggak jadi emak-emak kurang piknik. Saya juga hobi nulis, sehingga pengalaman travelingnya, Saya tuangkan dalam website ini. So, explore it, read it, and enjoy it, and don't fotget to share it ya gaes!!!